hore pulang ke jakarta

21.40 Dery Rizki Purwanto 0 Comments



Menoreh gua dah siap bro



Assalamu’alaikum

     Post yang memiliki jarak lebih pendek dari post sebelumnya. Yha, beginilah lagi menikmati kegabutan yang hqq. Jadi, Alhamdulillah ada kesempatan untuk pulang ke Jakarta sebentar. Walau hati ingin lebih lama di rumah, namun hati yang lain tidak tega meninggalkan kawan yang sedang berjuang untuk bisa pulang sebelum lebaran. Alasan pulang sebenarnya sederhana, disamping untuk pilkada namun juga tentunya rasa rindu yang telah menyesakkan dada. Beberapa orang bilang sayang kepada uang, namun saya sejenak berpikir bahwa uang selamanya bisa dicari namun kehangatan bersama keluarga tak selamanya bisa dirasakan. Entah ini pemikiran atas dasar apa, apa karena kurang berasa karena uang yang digunakan belum punya sendiri.

     Dalam post ini gua mencoba supaya yang membaca bisa menarik beberapa faedah, meskipun belum tahu apakah tulisan ini akan bernilai pragmatis atau hanya ekonomis atau bahkan hedonis. Mungkin beberapa dari pembaca mulai sedikit kesal karena seakan akan dilihat dari tipe tulisan saya ini saya akan membahas sesuatu yang serius. Santai aja santai, gausah tegang. Gua sendiri juga bingung kenapa kata-kata yang gua tulis disini kelihatan sangat formal yha. Langsung saja lah ke kisahnya.

     Dimulai saat memenuhi kata InsyaAllah yang gua ucapkan saat Mas B, anak dari ibu kos, berkata “der, nanti kalo mau pulang mampir rumah dulu ya”. Gua pun meng-InsyaAllah kan, dan selasa pagi sebelum berangkat ke stasiun Tawang gua memenuhi itu. Gua mampir ke rumah mas B pamitan dan juga tetangga nya, Ibu E. yang dulu sangat dekat dengan Abang kandung gua saat mengembara di masa sebelumnya. Saat pamit dengan Mas B hal biasa-biasa saja terjadi, oh iya der salam buat orang rumah, salam buat mas mu ya, hati hati …… dan berbagai ucapan perpisahan lainnya. Perpisahan yang padahal hanya tiga hari. Namun berbeda saat gua pamitan dengan ibu E, ibu E sangat berbeda dengan mas B, waduh mas dery ko ga bilang bilang sih kalo mau pulang, kan ibu jadi ga nyiapin apa apa, besok-besok kalo mau pulang, dua hari sebelumnya bilang ya. Lalu ibu E terlihat sibuk mencari sesuatu yang pada puncaknya menyalami ku dengan ongkos pulang. Ini mas udah maaf ya ibu ga ngasih apa-apa, udah kaya saudara kok, salam sama keluarga ya, sama mas mu tuh. Dan saat sampai dirumah hal ini dikomentari oleh orang tua gua, mamah bilang “ waduh ri kalo mampir pas mau pulang pasti di ongkosin jadi gaenak “, ayah menambahkan tadi pagi “kamu kemarin diongkosin sama ibu yg laundry itu ri? coba ri kamu tiap dua hari sekali pamitan aja supaya gausah dikirimin uang dari sini”, Yah plis. Pantesan anakmu begini *lol*. Jadi, inti dari pra perjalanan pulang gua ini adalah. Gaada. Karena memang sudah menjadi hal yang lumrah bila pamitan bakalan di ongkosin dan bila tidak bakal dicariin. Hanya kita harus tetap menjaga tali silaturahmi ya, terlepas mau diongkosin atau enggak, maksutnya terlepas mau itu cuma sebentar atau lama perginya, ya kabarin. Jangan hilang tanpa alasan lah. Baper si panjul *lol*.

     Setelah gua sampai di Tawang, gua nyariin ND, temen gua yang juga balik ke Jakarta. Ternyata dia udah di dalem kereta. Yaudah. Gua masuk ke kereta juga lah. Kebetulan kami satu gerbong namun beda tempat duduk, kenapa? Karena kalo satu tempat duduk nanti pangku-pangkuan.  Kebetulan di samping ND ini ada mba-mba, sedangkan disamping gua ada bapak-bapak yang memisahkan diri dari gua, dia duduk di kursi lain yang masih kosong deket jendela. Karena di tempat duduk aslinya ini yg deket jendela itu kursi gua. Maaf ya berlibet-libet gini, kalo ada yang kurang dimengerti nanti bisa di tanyakan di sesi tanya jawab. Interaksi gua dengan bapak-bapak ini cuma sebatas angguk-angguk senyum kaya yang di contohin komika Sadana Agung di salah satu penampilan stand up-nya. Interaksi angguk ini hanya berlangsung sebelum semua tempat duduk penuh dan si bapak dengan sepenuh hati duduk di samping gua. Percakapan pun gua mulai, “Turun dimana pak?” bapaknya jawab, “di Jatinegara de”, trus gua jawab “Oh kirain saya di stasiun pak”, enggak deng… gua jawab,”Oh di jatinegara pak”, hukum otomatis dari suatu basa basi memaksa si bapak untuk menanya balik “Sampeyan turun mana?”, gua jawab” Sama pak, jatinegara”. Bapak ini seneng banget ngobrol, dia cerita kalo dia kerja ojek online di pagi hari, lalu siang hari di bengkel moge(Motor gede) jadul, kalo malem ga cape ya narik lagi. Gitu katanya. Dimulai dari cerita-cerita tingkah customer yang ngeselin, “Jadi mas, di grup kami tuh ada list nama customer yang patut di waspadai karena suka bayar kurang dan bahkan ga bayar mas”. Wah makin seru kan nih, dan dia juga pamer foto foto moge jadul di hapenya “Pokoknya kalo mau foto-foto atau liat liat motor antic gitu bisa ke saya mas, nih foto fotonya(sambil ngasih liat fotonya dan nyebut tipe motornya)” sampai pada saat dia bilang “nah ini nih mas cuma ada satu di Indonesia nih”. Walah keren juga nih bapak. Setelah itu kita tukeran nomer wassap dan gua berharap kita takkan pernah jadian. ßkorban FTV. Dan ternyata bapak ini lulusan Teknik Mesin Polines 20 tahun lalu yang dulu namanya masih Politeknik Undip, bapak ini sempat kerja di perusahaan mesin pencetak kayu juga, sebelum main motor antic kaya sekarang. Ujung-ujungnya kami membicarakan pilkada DKI juga, dengan membandikngkan kondisi pilkada di daerah lain. “Masnya pulang dibayarin untuk milih atau pakai ongkos sendiri?” Tanya si bapak. “Saya pakai ongkos sendiri pak”.”wah mas, banyak lho yang dibayari PP untuk milih di daerah-daerah gitu mas”, ya pokoknya entah itu benar atau engga ya, kayanya udah bukan rahasia lagi kalo begitu. <-- Sotau. “saya nih mas, saya mah gapeduli dia dari partai apa, tapi saya liat track recordnya, dia orangnya gimana, kaya pak Presiden dulu saya telusuri mas dari jadi Walikota di solo sampai pemilihan”, omong-omong pak presiden, si bapak jadi membicarakan sebuah mobil. Mobil yang dibicarakan bukan mobil biasa, tapi bekas mobil yang dipakai Pak Jokowi dulu, nama di stnknya masih nama anaknya Pak Presiden, “mas tau mobil itu sebenernya harganya ga seberapa mas, mobil lama itu cuma gara-gara atas namanya aja mas’. Yaa sebenernya bapak ini lebih sering cerita dibanding gua sih yang bingung mau cerita apa. Dan akhirnya kami dipisahkan oleh pemberitahuan bahwa kereta akan berhenti di stasiun Jatinegara. Si Bapak pergi tanpa meninggalkan jejak, karena kebetulan waktuitu sepatunya gak basah dan gak ada tanahnya.

     Mungkin mau ngasih tau aja nih ke pembaca soal faedah dari tulisan ini bahwa sebenernya gaada. Eh ada dong sebenernya, cuman gua gamau kasih tau disini ah biar di analisis sendiri. Buat PR aja ya mungkin, tuliskan faedah dari tulisan ini di komen bawah! Yha sekian. Semoga ini menjadi tulisan yang tidak hanya menghabiskan beberapa menit mu yha…

Wassalamu’alaikum


You Might Also Like

0 komentar: